Rabu, 23 Februari 2011

Dokter Muda

Dokter muda. Mungkin kedengarannya keren, oke, eksklusif. Terutama bagi yang belum tahu. Sedikit berbagi saja. Aku salah satu dari mereka. Yang memakai jas putih - yah meskipun udah agak abu - abu kebanyakan dicuci, yang mengalungkan stetoskop di leher - sumpah ini bukan mau pamer tapi dimana lagi bisa naruh stetoskop yang cepat dan gampang diambil saat butuh kalo saku jas udah penuh kertas catatan follow up pasien dan bolpoin?, yang paling gampang buat dimintain tolong (baca : disuruh - suruh), dan yang merupakan penghuni kasta terendah seantero rumah sakit.
Tugas dokter muda (biasanya dipanggil dengan sebutan KOAS plus bonus mbak/mas di depannya) berbeda di tiap bagian.
Misalnya nih ya, koas bedah. Ini lab pertamaku selama menjalani koas di RS. Enak banget. Dateng pagi ikut morning report (MR)-nya PPDS - dokter yang lagi ambil sekolah spesialisasi - itupun cuman dengerin. Ga ada kewajiban apa - apa. Ga ada jaga malem sih, cuman tiap hari musti dateng ke RS buat absen malem. Berasa tahanan kota. Yang paling berat di stase bedah ini cuman pas interen aja. Lamanya 2 minggu itu koasnya tugas di UGD. Jam kerja gila - gilaan. Mata sepet nahan ngantuk, kaki gempor berasa mau patah. Gimana enggak, siapa sih yang tahan melek 2x24 non stop dan cuman dapet jatah istirahat 8 jam? Tapi emang sih interen bedah banyak skill yang bisa dipelajari, meskipun otak rasanya kosong soalnya ga sempet nanya - nanya uda keburu diserbu pasien. 
Koas interen bedah yang kelaparan ngemilnya es lilin ala UGD


Humm next forensik. Lab setelah bedah. Setiap hari menunggu di ruang ratapan koas di lantai 2. Berusaha membunuh waktu dengan main game Plants vs Zombie, nonton film, ngemil, nggosip, sambil berdoa semoga ga ada panggilan buat otopsi, atau paling enggak yg mau diotopsi itu masih dalam keadaan "baik - baik saja". Ah tapi apa daya kalo emang akhirnya harus otopsi korban drowning dan infanticide. Lumayan. Lumayan berat.
Ada yang kesenengan abis otopsi sampe ga mau copot handschoen

Koas ilmu penyakit dalam (IPD) tuh yang paling lama, 3 bulan. Setiap pagi harus visite pasien buat follow up, harusnya sih sebelum PPDSnya dateng. Tapi buat seorang aku -last minute man- mana mungkin lah itu? Hihihi. Pasiennya banyak di bangsal. Permintaan cito (segera) dari PPDS juga banyak, dan itu tugasnya koas. Mulai ambil darah, EKG, sampai nge-drip. Yang paling berat waktu jaga malem. Ga jarang lo ga sempet mandi - padahal kalo ga jaga juga sering ga mandi - dan ga jarang juga ga tidur semaleman ngeladenin komplain dari pasien. Macem - macem komplainnya, mulai dari panas, nyeri, mual, ga bisa tidur, sampai ga bisa BAB. Banyak kerjaan tapi banyak ilmunya. Capek tapi seneng. Mau jadi koas IPD lagi? Oh tentu tidak.
Mesin EKG cuman ada 2 buat pasien segitu banyak. Jadi kemana - mana harus gantian. Bawanya pake gledekan ini. Yah ga jauh beda ama yang jual es tongtong. Makanya ga ada yang suka kalo disuruh EKG tengah malem, berisik.


Beda lagi dengan koas ilmu kesehatan anak (IKA). Ini koas bagging, ventilator manual. Duduk berjam - jam di depan infant warmer yang panasnya naudzubillah sambil kempus - kempus ambubag. Tangan kram, pantat udah datar aja. Buat yang pengen gedein lengan atas bisa nih pake cara ini. Ada seorang temenku yang menurutku cerdas. Dia ukur lingkar lengan atas sebelum masuk dan sesudah keluar IKA. Hasilnya? Bertambah beberapa sentimeter dalam beberapa bulan. Mengerikan.
Salah satu cara "mengoperasikan" ambubag
"Kompetensi" lain koas IKA adalah menggotong tabung oksigen. Dan tabung ini berat.

Sekarang aku lagi stase di bagian radiologi. Sumpah berasa surga. Ga ada MR. Ga ada jaga malem. Yah meskipun mas - mas bagian administrasinya agak rese tapi biarin aja lah. Kasih lirikan maut juga uda klepek - klepek dianya. Di radiologi ini belajar menerawang. Semuanya monokrom, hitam putih. Harus nyari yang lebih putih dari yang putih, dan yang lebih hitam dari yang hitam. Bingung? Sama.

Banyak cerita tentang kehidupan dokter muda. Ga semuanya baik. Ga semuanya buruk. Ga semuanya bisa ditulis di blog ini. Apalagi kalo uda jam segini dan besok bangun pagi buat stase. Hoooaahhmm.

1 komentar:

  1. selamattt sdh lewat yg berat2 zha....tp soal interen bedah tuh jamanku malah 6 (ENAM) Minggu lho........=p

    BalasHapus